Tips Mengurangi Panas Pada Processor

Diposting oleh Unknown on Minggu, 26 Juni 2011

Seringkali setelah digunakan beberapa lama, laptop/netbook terasa lebih panas dari biasanya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari soal software sampai hardware. Perilaku penggunaan yang tidak ber-peri-kemesinan misalnya memberi beban kerja yang berlebihan juga berpengaruh pada kinerja processor yang pada akhirnya menimbulkan panas yang tidak sewajarnya. Padahal, panas adalah salah satu musuh kinerja processor. Berbagai aplikasi telah dibuat untuk mengoptimalkan kinerja processor. Namun, berbagai pengaturan kinerja menggunakan software tidak musti cukup, apalagi untuk peralatan-peralatan yang sudah cukup berumur. Kipas yang kendor, dan kotoran pada sirip-sirip pendingin juga membuat pendinginan tidak lagi optimal. Di toko-toko komputer dan elektronik juga banyak tersedia kipas pendingin tambahan. Namun juga tidak akan bekerja baik bilamana sistem pendinginan yang ada pada peralatan sudah terlalu banyak masalah.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami panas berlebihan pada Komputer yang saya gunakan selama ini. Seringkali terasa aneh karena sedang tidak dalam beban cukup banyak namun sudah panas. Solusinya adalah bongkar dan bersihkan. Ini hasilnya:


Spoiler for gambarnya:

Ternyata selama beberapa waktu digunakan, ada sumbatan debu di sirip pendinginnya. Saking banyaknya debu-debu itu, terlihat mengumpal seperti kapas kotor. Tentu saja sumbatan ini sangat mengganggu pendinginan processor. Bersihkan!!!…

Spoiler for gambarnya:

Semakin tinggi nilai barangnya semakin baik hasil kerjanya…

Tempelkan koin pada jalur likuid pendingin processor menggunakan lem instan di sudut-sudutnya, pada bagian tengah diberi sedikit olesan silicon grease agar permukaan koin benar-benar menempel pada jalur likuid pendingin itu. Koin boleh ditempel di bagian mana saja di jalur itu, dengan mempertimbangkan kecukupan ruang yang tersedia pada body laptop.

Silahkan dicoba!

Artikel Terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar