Macam-Macam Cedera dalam Olahraga

Diposting oleh Unknown on Selasa, 28 Juni 2011

 http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/45712000/jpg/_45712962_injury766getty.jpg1. Cedera Memar
Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan (bodycontac) atau pukulan langsung pada permukaan kulit. Akibat dari benturan atau pukulan tersebut dapat menyebabkan jaringan di bawah kulit akan rusak dan pembuluh darah kecil akan robek atau pecah sehingga darah dan cairan seluler akan keluar atau merembes ke jaringan di sekitarnya.
Spoiler for kaki memar:

2. Cedera pada Otot atau Tendo dan Cedera Ligamentum
Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Hadianto W (1993: 13), ada dua jenis cedera yang dapat terjadi pada otot atau tendo dan ligamentum, yaitu strain dan sprain. Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Giam dan Teh (1993: 92-93), strain adalah kerusakan pada suatu bagian jaringan otot atau tendo karena penggunaan yang berlebihan ataupun stress yang berlebihan. Sprain adalah cedera pada bagian persendian dengan diikuti terjadi robekan pada ligamentum, hal ini disebabkan oleh stress berlebihan yang mendadak atau penggunaan yang berlebihan secara berulang-ulang dari persendian.
Permainan sepak bola merupakan permainan bodycontac yang memiliki kekompleksivitasan yang tinggi dalam mempergunakan berbagai jenis gerakan sehingga akan sangat rentan terhadap terjadinya cedera baik pada saat latihan maupun pada saat pertandingan. Dalam permainan sepak bola, cedera strain dan sprain antara lain dapat terjadi pada:
a. Pergelangan Kaki (ankle)
Cedera ini dapat terjadi misalnya karena terkilir pada saat menggiring bola atau berlari zig-zag, bodycontac/sleeding-tacle, lapangan yang tidak rata, kesalahan pada saat melakukan gerakan teknik dasar, atau penggunaan jenis sepatu yang tidak sesuai.

b. Jari-Jari Kaki
Cedera ini dapat terjadi karena adanya bodycontac (terinjak), lapangan tidak rata, kesalahan pada saat melakukan gerakan teknik dasar, penggunaan jenis sepatu yang tidak sesuai atau gesekan antara kulit dan sepatu (melepuh).

c. Lutut (Knee Injuries)
Cedera ini dapat terjadi karena terkilir pada saat menggiring bola atau berlari zig-zag/putar badan yang melebihi kemampuan sendi lutut, bodycontac/sleeding-tacle, benturan antarkaki, ketidakmampuan sendi lutut atau ligamentum dalam melakukan gerakan atau menahan beban berat badan, lapangan yang tidak rata, kesalahan melakukan gerakan teknik dasar atau penggunaan jenis sepatu yang tidak sesuai.

d. Bahu
Cedera ini dapat terjadi, misalnya disebabkan oleh terjadinya bodycontac/sleeding-tacle antarpemain atau jatuhnya badan pada tanah tidak benar.

e. Tulang Belakang/Punggung (Vertebrae)
Cedera ini dapat terjadi, misalnya disebabkan oleh terjadinya bodycontac/sleeding-tacle antarpemain, jatuhnya badan pada tanah tidak benar, ketidakseimbangan otot dan peregangan ligamen tulang belakang yang berlebihan.

f. Pergelangan Tangan
Cedera ini dapat terjadi, misalnya disebabkan oleh terjadinya bodycontac/sleeding-tacle antarpemain atau jatuhnya badan pada tanah tidak benar (tangan menopang/menahan beban berat badan yang berlebihan)

g. Siku (Elbow)
Cedera ini dapat terjadi, misalnya disebabkan oleh terjadinya bodycontac/sleeding-tacle antarpemain atau jatuhnya badan pada tanah tidak benar (tangan menopang/menahan beban berat badan yang berlebihan).

h. Jari-Jari Tangan
Cedera ini dapat terjadi, misalnya disebabkan oleh terjadinya bodycontac/sleeding-tacle antarpemain atau jatuhnya badan pada tanah tidak benar (tangan menopang/menahan beban berat badan yang berlebihan).

i. Leher, Mulut, Hidung, dan Kepala
Cedera ini dapat terjadi, misalnya disebabkan oleh kesalahan pada saat melakukan heading, bodycontac antar pemain atau benturan dengan objek lain (gawang) atau jatuhnya badan pada tanah tidak benar

j. Organ Dalam
Cedera ini dapat terjadi karena adanya bodycontac/sleeding-tacle yang sangat keras di antara pemain. Cedera organ dalam meliputi Dislokasi (Pergeseran Tulang) , Patah Tulang (Fraktur) , Suduken (Stitches) , Kram Otot , Pendarahan , Kejang (Shock) , dan Pingsan (Collaps)


Artikel Terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar